Persoalan politik di mana pun tempatnya pasti selalu pelik dan penuh dengan intrik. Begitu juga yang ada di Indonesia. Ada banyak peristiwa politik yang begitu menyita perhatian masyarakat. Beberapa di antaranya membuat masyarakat senang dengan kinerja pemerintah, beberapa lainnya juga membuat masyarakat geram pada kinerja pemerintah. Perhatian politik di Indonesia sendiri baru-baru ini fokus pada perdebatan Ibukota Palestina dan Israel. Presiden Jokowi pun angkat bicara mengenai persoalan politik dunia ini. Reaksi Jokowi tersebut jelas langsung mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama muslim. Selain perdebatan Yerussalem, ada 5 news politik Indonesia lainnya yang harus Anda tahu.

Ini 5 News Politik Indonesia paling Banyak Diperbincangkan

Sebagai masyarakat biasa yang suka bermain dimana informasi politik yang tengah ditayangkan di berbagai media ini tentu menyita perhatian kita. Bagaimana pendapat Anda dengan kondisi politik di dalam negeri? Ini dia rangkuman 5 news politik Indonesia bulan ini yang wajib Anda kuti. Langsung saja ikuti pembahasannya berikut ini.

  1. Wagub DKI Angkat Bicara Tentang Dana Pinjaman Di kecamatan

5 news politik Indonesia

Pada saat kampanye pemilihan kepala daerah 2017 silam, pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uni menjanjikan adanya bantuan model pinjaman kepada masyarakat sebagai modal usaha untuk melakukan bisnis. Program pinjaman tersebut diberi nama OK Oce dan menjadi program paling dinantikan oleh masyarakat DKI Jakarta. Setelah berhasil menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno pun angkat bicara tentang dana pinjaman yang ia janjikan. Wakil Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa sekarang ini mencari pinjaman usaha memang susah. Untuk itu, masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman uang untuk modal usaha diharapkan pergi ke kecamatan. Anda bisa menyimak berita selengkapnya.

  1. Jokowi Ajak Dunia Akui Kemerdekaan Palestina

5 news politik Indonesia

Terkait konflik kota Yerussalem yang diklaim oleh Israel, pemerintah Indonesia pun tak tinggal diam. Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri organisasi kerja sama Islam (OKI) menyampaikan 6 poin yang salah satunya adalah mengajak dunia untuk mengakui kemerdekaan Palestina. Seperti yang kita ketahui bersama, tanah Palestina menjadi tanah sengketa yang diperebutkan oleh kedua belah pihak, yaitu Israel dan Palestina. Hal ini tentu membuat masyarakat Islam di dunia menjadi sangat terpukul. Indonesia melalui Presiden Jokowi mengawali langkah yang tepat untuk mengajak seluruh negara di dunia mengakui kemerdekaan Palestina.

  1. History AM Fatwa Yang Patut Dikenang

Indonesia kehilangan seorang tokoh Islam yang sangat idealis dan gigih memperjuangkan kepentingan ummat islam. Tokoh tersebut adalah AM Fatwa. Keberanian seorang muslim bernama AM Fatwa patut dijadikan jejak sejarah yang harus dikenang oleh bangsa ini. Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan pun mengatakan bahwa bangsa Indonesia, terutama masyarakat Islam, sangat merasa kehilangan sosok pemberani yang teguh memperjuangkan Islam. Taufik pun menyampaikan bela sungkawa dan doa untuk almarhum.

  1. Praperadilan Setya Novanto

Drama tersangka kasus korupsi E-KTP sempat memang sangat menyita perhatian masyarakat. Setya Novanto membuat geram masyarakat karena persitiwa kecelakaan mobil yang dialaminya sesaat sebelum dijemput paksa oleh pihak kepolisian. Masyarakat pun menganggap kecelakaan ini hanya dalih untuk tidak dihukum. Ini adalah babak terakhir praperadilan yang diajukan oleh pihat Setya Novanto. Bagaimana akhir dari drama kasus E-KTP? Anda harus menyimak berita selengkapnya supaya tidak penasaran dengan akhir drama yang dibuat oleh tersangka kasus E-KTP ini.

  1. Pemkab Riau Nunggak 12 Milyar, Pln Matikan Lampu Jalan

 

Berita lain yang tak kalah seru datang dari Riau. Pemkab Riau dikabarkan nunggak pembayaran listrik hingga 12 Milyar. Hasilnya, PLN pun mematikan lampu jalan di Bagansiapiapi. Pemadaman listrik Penerangan Jalan Umum atau PJU ini sudah dilakukan dari bulan November 2017 hingga bulan ini. Diperkirakan ada sekitar 90 persen PJU di daerah Riau yang dipadamkan. Belum ada tanggapan resmi dari pihak Pemkab Riau atas berita yang sudah mulai diakses oleh masyarakat. Menurut Manager SDM dan Umum PLN Riau, Dwi Suryo Abdullah, menjelaskan bahwa tagihan PJU untuk setiap bulannya mencapai Rp 1.2 Miliyar. Uang tersebut didapat dari pelanggan yang kemudian harusnya disetorkan PLN dan sisanya untuk pajak pemkab. Akan tetapi, pemkab Riau sudah menunggak listrik PLN hingga 16 bulan dan totalnya saat ini mencapai 12.6 Miliar. Setiap ditagih, pemkab beralasan bahwa uangnya belum cari. Kasus ini pun masih diusut oleh pihak yang berwenang.

Demikian adalah 5 news politik Indonesia yang sedang menjadi perhatian masyarakat. Terus ikuti beritanya untuk mendapatkan kejelasan atas konflik yang terjadi. Beberapa berita di atas juga masih menjadi topik paling hangat yang banyak dibicarakan oleh masyarakat. Berita yang banyak dicari adalah tentang konflik kota Yerussalem dan drama Setya Novanto.