Imbas Corona Dua Event Bergengsi Nasional Dalam Ancaman – Corona resmi masuk ke Indonesia di mana Presiden Indonesia Joko Widodo dalam jumpa pers pada hari Senin 1 Maret 2020 kemarin mengungkap ada dua orang dikonfirmasi positif terkena coronavirus. Rupiah pun rontok, nilai tukar rupiah sebagai imbas Corona secara singkat terdepresiasi terhadap dolar AS hingga di atas Rp 14.000/US$. Ekonomi nasional pada bulan-bulan mendatang diyakini akan berkabut, menunggu lebih jelas kemampuan pemerintah dalam mengendalikan wabah ini.

Yang tidak kalah memusingkan, negara ini bergantung terhadap guliran ekonomi nasional. Bagaimana tidak, dari pertumbuhan mencapai 4-7 persen dari sejak reformasi dimulai pada awal milenium, Indonesia sangat bergantung pada belanja konsumsi masyarakat. Sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia memang mendorong ekonomi nasional, Namun kwartal pertama tahun ini, pendapat itu mesti dilihat kembali, karena serangan viral informasi Corona saja sudah membuat takut pasar lokal.

Jika masyarakat terkenal panic attack, bukan tidak mungkin terjadi kepanikan ekonomi, penimbunan barang, serta menurunnya tingkat produktifitas dan konsumsi. Saat ini saja, serangan banjir di Ibu kota saja sudah merugikan sektor informal dan konsumsi. Apalagi yang paling mengerikan adalah dibatalkannya event-event yang diyakini bisa mengenjot konsumsi nasional. Salah satunya adalah ajang Formula E yang akan diadakan di Jakarta.

Terlepas dari segala kontroversi politik penyelenggaraanya, sudah jelas Indonesia terikat kontrak dalam penyelenggaraan, dan harus ditepati. Show must go on, Jakarta pun tengah berbenah. Diharapkan ajang ini menarik minat para penonton dalam dan luar negeri, namun dengan adanya tanda-tanda outbreak pertama. Ajang ini menjadi kelabu penyelenggaraannya. Kini bukan potik lagi yang bisa menghentikan Formula E, melainkan juga wabah yang akan menakuti penonton. Jika tidak menakuti, maka pemerintah pusat sendiri akan menangguhkan penyelenggaraanya, di mana pihak formula E diyakini juga akan memaklumi pembatalan ini.

Karena sebelumnya, ajang Moto GP di Qatar dibatalkan sebagai akibat merebaknya COVID 19, badan-badan yang menangani grand prix, sebut saja FIM, IRTA, dan Dorna, pada akhirnya menyetujui pembatalan tersebut, walau mereka berpotensi kehilangan pendapatan hingga ratusan juta dollar. Bayangkan balapan kelas primer yang paling menyedot penonton balap dunia batal hanya karena satu negara, yakni Italia menutup kesempatan keikutsertaan karena outbreak yang terjadi di Provinsi Lombardia. Walaupun, Kelas Moto2 dan Moto3 akan plus Asia Talent Cup tetap berjalan di Qatar, pembatalan Moto GP merupakan tamparan besar di dunia hiburan olah raga internasional. Namun pada sisi lain bisa dijadikan sandaran bagi perusahaan citibet88.club yang menyelenggarakan acara untuk mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan koorporasi.

Hal inilah yang diyakini juga akan memaklumkan pembatalan event Formula E di Jakarta. Tapi, ada satu lagi yang terancam batal. Yakni, ajang Liga Sepak Bola Indonesia, Shopee Liga 1 2020, belum ada pihak terkait yang berbicara dampak outbreak Corona di dunia sepak bola, seperti di Italia yang terkena pembatalan, karena kerumunan adalah tempat paling cepat dalam penyebaran virus. Belum lagi penonton Indonesia dikenal tidak disiplin, semaunya, dan tidak peduli keselamatan orang lain. Corona akan pesta pora di Shopee Liga 1 ini. Ada liga tetap jalan, mestinya tanpa penonton seperti di Italia sana. Tapi imbasnya adalah kurang terangkat nya ekonomi lokal. Pembatasan penonton, apalagi sampai pembatalan liga, akan memberatkan pertumbuhan ekonomi nasional, maka pemerintah harus siap dengan konsekuensinya terbaiknya.

Wancana Politik Jokowi 2019 Terealisasi atau Tidak
Info News

Wancana Politik Jokowi 2019 Terealisasi atau Tidak

Politik yang sedang diluncurkan ketika KPU berhasil memutuskan Joko Widodo menjadi presiden 2019 dan juga Ma’ruf Amin menjadi wakil presiden 2019 adalah rencanan politik. Wancana politik yang dimainkan oleh kedua pasangan ini adalah menambahkan beberapa kursi untuk posisi menteri yang ada di Indonesia. Semua ini telah diputuskan wancananya pada bulan agustus, 2019. Semua ini jangan dianggap sebagai salah satu bentuk pembagian kekuasaan. Menteri yang akan ditambahkan adalah menteri yang memiliki peranan strategis bagi Indonesia dan juga adanya tantangan baru yang akan dihadapi oleh menteri tersebut. Joko Widodo dan Ma’ruf Amin memang belum bisa membocorkan kabinet mentri apa yang akan ditambahkan tetapi semua ini bisa saja terealisasi. Lantas, berita yang didapatkan semuanya darimana? Semua berita yang didapatkan dikabarkan oleh Seketariat Jendral DPP PDIP bernama Hasto Krisdayanto.

Perlu untuk diketahui bahwasannya, menteri yang akan ditambahkan ini sangatlah membantu bagi PDIP untuk menajalankan politik yang gotong royong. Walaupun begitu, ini hanyalah untuk kalangan yang begitu elite. Tentunya, dari itu akan mengakibatkan seluruh kalangan elite ikut ambil bagian di dalamnya. Selain itu, telah banyak juga partai politik yang mencoba untuk mendukung Jokowi dan Ma’ruf Amin untuk memenangkan pemilihan presiden. Dilihat juga bahwasannya nanti parpol yang akan mendukung Jokowi dan Ma’ruf Amin akan bertambah banyak. Selain itu, dinamika yang ada di dalam politik Jokowi dan Ma’ruf Amin. Isu politik yang terjadi di Indonesia juga tidak jauh dari isu agama. Pada intinya, dengan melihat wancana bahwasannya akan ada penambahan menteri yang merupakan salah satu jalan untuk bergotong royok dalam berpolitik. Padahal, mengenai menteri sendiri telah diatur di dalam UU no. 39 di tahun 2018. Bahkan, jika melihat keadaan sekarang posisi yang dipegang oleh Joko Widodo dengan Susilo Bambang Yudhoyono sendiri hampir sama. Apalagi, koalisi dari pemerintahan SBY sendiri sangatlah besar di dalam partai politik. Jadi, dilihat dari segi manapun pada masa kepemimpinan Jokowi ini bisa saja merealisasikan pertambahan kursi menteri di tahun 2019.

Berita Online dari situs 104.145.231.244 juga memberitakan peluang adanya penambahan kursi menteri sendiri bisa mengakibatkan dampak tertentu. Dampak yang ditimbulkan dari adanya pertambahan kursi menteri sendiri bisa mengakibatkan sebuah persaingan yang sengit di dalam partai politik. Walaupun begitu, ada juga yang menanggapi bahwasannya berita mengenai penambahan akan beban anggaran milik negara. Dari banyaknya, gonjang-ganjing mengenai tambahan kursi menteri ada yang mendukung dan ada juga yang menentang bahkan ada yang netral saja. Untuk selanjutnya, biar melihat saja keputusan yang akan dijalankan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin untuk menjalankan wancana untuk membangun negara Indonesia. Begitulah singkat informasi mengenai wancana penambahan kursi menteri yang ada di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo.

Program Politik yang Direncanakan Oleh Joko Widodo dan Ma’ruf Amin
News

Program Politik yang Direncanakan Oleh Joko Widodo dan Ma’ruf Amin

Dalam bernegara pasti butuh yang namanya pemimpin untuk mengatur segala urusan yang ada di negara ini. Pada tahun 2019, kembali lagi bahwasannya pemimpin negara Indonesia adalah Joko Widodo dan bersama wakilnya Ma’ruf Amin. Pada saat melakukan debat bagi calon presiden dan wakil presiden tahun 2019, pasangan Joko Widodo dengan Ma’ruf Amin menyatakan bahwasannya akan mempersiapkan sebuah program yang baru untuk 5 tahun ke depannya ketika mereka terpilih yaitu program Dewi dan Dedi. Apasih itu program Dewi dan Dedi? Program yang satu ini dijadikan sebagai salah satu rencana bahwasannya ada kesetaraan terhadap gender. Diungkapkan oleh Ma’ruf Amin bahwasannya program dari kesetaraan terhadap gender bukan hanya diwujudkan di dalam pemerintahan saja tetapi diwujudkan juga ke dalam politik dan ekonomi. Ternyata program Dewi dan Dedi ini memiliki singkatan panjang yaitu Dewi (Desa Wisata) dan Dedi (Desa Digital). Walaupun begitu, dari program tersebut Joko Widodo akan memanfaatkan pemberdayaan terhadap perempuan. Semua itu akan berjalan, dimana pemerintah akan membantu sedikit pendaan dengan memberikan pinjaman kredit usaha mikro.

Banyak sekali program politik yang dinyatakan oleh Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Ada juga program yang lain tentunya salah satunya yaitu Meekaar. Apakah kamu penasaran dengan program yang Meekaar? Apa itu Meekaar? Meekaar sendiri merupakan singkatan dari membina keluarga sejahtera. Rasa penasaran kamu akan hilang, bahwasannya diprogram mekaar sendiri akan memberdayakan para perempuan yang ada di Indonesia dalam segi perekonomian, terutama perekonomian ibu-ibu rumah tangga. Dijelaskan oleh Joko Widodo bahwasannya pemerintah memberikan pinjaman kepada ibu-ibu yang ingin sekali berdagang kecil-kecilan dan biaya yang dipinjamkan sekitar 2-4 juta jika ibu-ibu ingin meminjam sebesar 10 juta maka akan dilarikan ke KUR. Bahwasannya, di sini menjelaskan dari adanya program baru yang akan dilaksanakan oleh Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sangat mengikutkan peranan yang begitu besar pada ibu-ibu. Tentunya, ibu-ibu begitu memiliki peran yang begitu besar baik di dalam pemerintahan, segi politik, dan juga segi perekonomian negara.

Membahas kedua program dari Joko Widodo dan Ma’ruf Amin yang bernama Dewi dan Dedi serta Meekaar. Apakah program ini akan dijalankan sebentar lagi mengingat presiden dan wakil presiden sudah mereka sandang gelarnya? Ketika program yang memberdayakan perempuan sendiri sudah sangatlah bagus untuk menjalankan dunia politik yang ada di Indonesia. Pada intinya, perempuan sangatlah perlu untuk diberdayakan dan juga disetarakan gender juga dengan laki-laki. Kedua program yang direncanakan oleh Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sangatlah bagus untuk para perempuan di Indonesia saat ini.

Viral Gejala Penipuan Atas Nama Agama, Apa Yang Harus Dilakukan?
Entertainment Info News

Viral Gejala Penipuan Atas Nama Agama, Apa Yang Harus Dilakukan?

Viral Gejala Penipuan Atas Nama Agama, Apa Yang Harus Dilakukan? – Gejala penipuan atas nama agama akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan. Karena yang menjadi korban, bukan hanya satu dua orang, melainkan jutaan orang. Jumlah ini tidak dilebih-lebihkan, dimulai dari kasus penipuan umroh yang menelantarkan ratusan ribu jamaah dari Abu Tours, First Travel, Solusi Balad Lumampah (SBL), hingga Hannien Tours. Ada juga pengakuan manajer Paytren Hilwa Humairo yang menyebut jumlah korban Paytren hingga dua juta orang. Kerugiannya, trilyunan uang para korban, itupun belum dihitung jumlah dari penipuan klaster rumah dengan iming-iming syariah.

First Travel misalnya, jumlah korban nya sebanyak 63 ribu orang dengan nilai kerugian hingga Rp905 miliar. Kasus First Travel belum selesai muncul kasus travel Abu Tour, yang juga menggelapkan uang jamaah hingga gagal berangkat. korbannnya bahkan mencapai 86 ribu orang dengan total kerugian umat Islam sebesar Rp1,4 triliun. Tidak berenti sampai di situ, sebanyak 45 jamaah umrah Pada pada November 2019 lalu, tidak diberangkatkan oleh biro travel nya, padahal mereka telah membayar Rp21 juta. Sementara kasus Paytren merupakan skema Ponzi yang merugikan lapisan bawah, pula dari sisi agama bernilai batil, karena mencampurkan sadaqah yang harusnya ikhlas menjadi keuntungan.

Mengapa marak kejadian penipuan atas agama? Apalagi korban terbesarnya adalah ummat Islam. Padahal, mengacu pada dalil dalam agama Islam, penipuan bukan hanya haram, tetapi pelakunya dianggap murtad dan keluar dari golongan muslim sebagaimana hadist berikut ini.

“Barang siapa yang menipu, ia bukan termasuk golonganku.”
(Hadits riwayat Muslim dan Turmudzi)

Bila sang penipu tidak mampu mengembalikan hasil tipuannya, maka di hari pengadilan dalam kepercayaan muslim, sesuai dengan dalil tersebut, dia tetap dihukumi di luar Islam, serta akan digolongkan ke orang yang mendapat syafaat sang Nabi. Meskipun meninggal dikondisikan sebagai muslim dengan ritual muslim.

Oleh karena itulah, seorang pencuri pun akan dihukumi keras dengan dipotong tangannya, karena demi menyelamatkan dirinya di hari pengadilan akhir. Apalagi yang menipu, memperdaya memanfaatkan emosi keagamaan dengan menggunakan dalil agama. Kebanyakan orang Indonesia memang cenderung memaafkan, tapi kerusakan mengacu pada ekonomi ummat sangat besar. Betapa tidak, uang itu seharusnya menjadi tulang punggung ekonomi ummat Islam, malah terbuang percuma untuk memperkaya orang perorang.

Namun, pada sisi lain kita dapati kerapuhan umat Islam apabila menghadapi orang yang berpenampilan tampak alim dan sholeh, tapi ternyata menyimpan maksud tidak baik. Kesholehannya adalah topeng yang sangat memperdaya, karena tidak ada kelemahan di sana. Sejatinya tidak ada yang berhasil lepas dari tipuan atas nama Agama. Kita akan tahu hal itu tipuan jika sudah tertipu, atau sudah kehilangan sekian banyak uang, karena sisi husnuzan, atau prasangka baik yang selalu ditekankan ummat Islam kepada sesama manusia.

Lalu apa yang mesti dilakukan? Harta benda Anda adalah hak Anda, tapi ada kewajiban juga dibaliknya. Tidak ada yang boleh mengaturnya sesuka hati, tapi Anda memiliki kewajiban memimpin keluarga dengan cara memanfaatkan harta benda titipan Tuhan ke jalan yang benar, bukan dengan jalan memperkaya para penipu, pembohong, yang akan membawa mudharat besar. Membelanjakan harta kepada para penipu, orang yang gunakan harta itu untuk dimubajirkan atau foya-foya, padahal Anda menitipkannya untuk maksud yang baik, maka Anda akan dimintai pertanggungjawabannya, jika Anda tidak tahu, Anda dizalimi, jika Anda tahu tapi membiarkan, maka Anda yang zalim. Jika anda mengetahui segala penipuan yang terjadi di sekitar anda, anda bisa melaporkannya melalui https://www.mdsbet.com tanpa harus kekantor polisi untuk membuat laporan lagi karena pihak situs tersebut sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian.

Berita Hoax Corona Mengancam Kita, Buzzer vs Media Massa vs Pemerintah
Entertainment Info News

Berita Hoax Corona Mengancam Kita, Buzzer vs Media Massa vs Pemerintah

Berita Hoax Corona Mengancam Kita, Buzzer vs Media Massa vs Pemerintah – Kata buzz sebelumnya tidak pernah ada. Saya sebut saja, pada era awal 2000 belum ada istilah semacam itu. Kata influencer juga belum pernah ada. Orang lebih mempercayakan suatu pendapat, kepada para ahli di media massa. Para ahli adalah perpanjangan tangan publik. Mereka membentuk LSM, mereka membuat jaringan advokasi, dengan keahliannya, menjembatani publik dengan sesama publik, juga publik dengan pemerintah.

Para ahli mengadvokasi pendapat masyarakat di media massa, mereka menamakan diri dengan kolumnis. Umumnya para kolumnis ini sangat pandai, karena sudah discreening ketat oleh para editor media bergaji mahal, yang digaji untuk jadi lebih pintar dari para professor. Bahkan di antara redaktur ada yang disekolahkan setinggi-tingginya, oleh media massa tempat dia berkerja. Mengejar gelar Ph.D di luar negeri, mereka memiliki titel Professor dan Doktor, walau begitu mereka tetap menjadi redaktur di media massa, melakukan assement kepada para kolumnis yang ingin menyuarakan sesuatu.

Karena proses akademis di media massa itulah, pendapat para kolumnis ini sangat berkualitas dan terjamin kebenarannya. Di antara mereka di Indonesia adalah Prof. Sri Mulyani, yang sekarang Menteri Keuangan, dia rutin menulis kolom untuk Kompas, Tempo, Gatra, dan puluhan media lainnya. Ada juga Prof AM Saefuddin, mantan Menteri Pertanian, Prof Siswono, mantan Menteri Tenaga Kerja. Mereka menulis di media massa dari tanpa titel, hingga bertitel dan menjabat jabatan tinggi pemerintahan.

Tapi kini di era Buzzer, orang bisa menulis tanpa screening, tanpa assesment akan data dan fakta yang ada pada tulisan mereka. Sifat update kilat yang ada pada internet, menjadikan para ahli tersingkir oleh para buzzer dan influencer yang minim pengetahuan. Kemapuan besar buzzer dan influencer adalah kemampuan untuk mocking, hacking, meledek dan merusak pendapat lawannya, sehingga orang Indonesia, yang umumnya senang reramean, suka akan kontroversi akan lebih memilih mendukung buzzer dan influencer dibanding para ahli yang penuh data yang membosankan.

Dari situlah bencana hoax menyebar tidak terkendali. Karena masyarakat lebih menyukai kisah-kisah fantastis –yang berarti penuh kemungkinan fantasi, mimpi, khayalan, bohongan, dibohongi, dibandingkan realitas. Contoh terbaru yang kali ini tengah viral adalah tentang penanganan orang yang kena Corona di tanah air.

Saat artikel ini dibuat, mereka yang terkenal Corona baru dua orang terkonfirmasi. Namun, sebulan sebelumnya sudah beredar kabar yang kena mencapai ratusan orang. Kabar itu disebarkan oleh para buzzer dan influencer sehingga menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat. Rilis resmi pemerintah tidak dipercayai, karena pemerintah sendiri tidak jarang mengeluarkan pendapat berlawanan yang meresahkan masyarkat. Akhirnya Indonesia menjadi tidak siap menghadapi wabah Corona karena semua pihak mempolitisir wabah ini untuk kepentingan kelompoknya. Artinya, wabah Corona adalah komoditas perang buzzer dan influencer yang paling panas saat ini. Mengapa melakukan itu? Karena menguntungkan untuk pertahankan follower.

Lalu di mana posisi media massa sebagai penjaga informasi? Posisi media massa tengah dilema. Karena bagaimanapun mereka menikmati peran buzzer menyebarkan kabar yang mereka buat ke tengah masyarakat. Benar, buzzer dan influencer itu ikut memviralkan berita yang dibuat media massa sehingga pembaca satu kolom/web page berita, bisa mendapat hits jutaan. Media pada akhirnya lebih memilih memberi makan karyawannya, dibanding membatasi para buzzer . Media tentu meralat kabar buzzer, tapi ralat itu malah jadi bagian lingkaran buzz juga.

Waspadalah Kini Corona Resmi Memasuki Halaman Indonesia
Entertainment Info News

Waspadalah Kini Corona Resmi Memasuki Halaman Indonesia

Waspadalah Kini Corona Resmi Memasuki Halaman Indonesia – Presiden Indonesia Joko Widodo dalam jumpa pers pada hari Senin 1 Maret 2020 menyatakan bahwa ada dua warga Indonesia yang dinyatakan positif mengidap Covid-19 atau coronavirus, jumpa pers ini sekaligus menutup kontroversi besar kapan Indonesia kena Corona dan menandai kasus pertama yang dikonfirmasi, di negara ini.

Keduanya kini tengah dirawat di suatu rumah sakit yang tidak dijelaskan lebih lanjut oleh Presiden. Presiden tapi mengatakan bahwa dua orang itu, berusia 64 tahun bersama putrinya yang berusia 31 tahun, keduanya terkena paparan Corona setelah melakukan kontak dengan seorang warga Jepang yang dites positif di Malaysia pada 27 Februari, setelah warga Jepang itu mengunjungi Indonesia pada awal Februari.

“Ternyata orang (WN Jepang, red) yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi “Kami periksa [dua orang itu] dan pagi ini saya menerima laporan dari menteri kesehatan bahwa mereka dinyatakan positif terkena virus corona.” Tambahnya, seraya menyatakan bahwa pemerintah siap untuk menangani kasus COVID-19 ini.

“Ada lebih dari 100 rumah sakit dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik. Kita juga punya peralatan yang memenuhi standar internasional, ” Tutup Jokowi.

Adapun, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, yang juga di Istana Negara, mengatakan bahwa kedua wanita itu merupakan adalah warga Depok, Jawa Barat, dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI Sulianti Suroso) di Jakarta.

Sebelumnya Indonesia belum ada kasus COVID-19 yang dikonfirmasi. Kabar ini justru membuat khawatir, apakah Indonesia benar-benar punya kemampuan mendeteksi penyakit tersebut? Jawabannya ada. Indonesia punya sumber daya untuk mendeteksi bahkan mengatasi wabah koronavirus. Dalam sejarah pertarungan melawan virus Corona dalam 12 tahun terakhir, Indonesia bisa dikatakan minim, jika bukan tidak terserang sama sekali.

Kepala Eksekutif Rumah Sakit Sulianti Saroso, Muhammad Syahril ikut berbicara tentang kemampuan Indonesia. Aparat kesehatan sudah memeriksa 141 kasus yang dicurigai sejauh ini, memang angka nya kecil untuk populasi yang besar, juga ikut memicu kekhawatiran di tengah para profesional medis, tentang kurangnya kewaspadaan, dan resiko kasus yang tidak terdeteksi. Itu jika bandingannya dengan negara negara lain.

Negara tetangga Malaysia dilaporkan telah menjalankan sekitar 1.000 tes, sementara di Barat jauh sana, Inggris memeriksa lebih dari 10.000 kasus. Walau begitu, aparat kesehatan Indonesia tetap pede. “Jika kita tidak ada kasus, ya kita tidak ada kasus,” jelas Syahril, kenapa harus ditutup-tutupi. Virus ini sendiri sudah menginfeksi lebih dari 85.000 orang di seluruh dunia, dari jumlah itu hampir 2.800 nya asal Cina, dan menyebar ke lebih dari 50 negara termasuk negara Filipina yang terkenal dengan perjudian online terbesar diasia dan dimana perusahaan sbobet mendirikan perusahaannya. Jadi menutup-nutup COVID-19, sementara tidak ada gengsi yang pertaruhkan, tidak ada harga diri politik, tidak ada keuntungan apapun, pendapat Sahril sah dan dibenarkan, untuk apa Indonesia menutupi kasus ini?

Sulianti Saroso adalah rumah sakit utama di Indonesia yang dikhususkan untuk menangani kasus yang diduga virus mematikan, di mana dari 135 yang dirujuk diawasi oleh Rumah Sakit itu. Pemerintah juga mengupayakan screening di bandara, pelabuhan, serta titik berangkat dan kembali, seraya menyebar pesan, siapa pun yang belakangan terkena influenza, demam, sesak nafas, yang semacam itu, harus mengontak petugas kesehatan di terminal. Dari sana, maka pasien suspek akan dirujuk ke rumah sakit yang mampu memeriksa COVID-19.

Penusukan Wiranto Merupakan Salah Satu Pesan
Info News

Penusukan Wiranto Merupakan Salah Satu Pesan

Penusukan Wiranto Merupakan Salah Satu Pesan – Berita yang baru saja terdengar tentang dunia politik baru-baru ini kamu pasti tau bukan? Masalah yang melibatkan banyaknya mahasiswa yang mengepung kator-kantor DPR. Belum selesai masalah, ada berita baru yang tak kalah mengejutkan yaitu tentang tertusuknya Mentri Politik, Hukum dan Keamanan Jendral TNI, Wiranto. Dalam berita menjelaskan bahwasannya benda tajam yang digunakan berupa gunting. Karena kejadian ini Wiranto dilarikan ke rumah sakit yang ada di Jakarta untuk ditangani oleh medis. Ini dikarenakan kondisinya yang parah karena tusukan gunting, bagian tubuh yang terkena serangan adalah bagian perutnya. Pelaku penusukan ini dilakukan oleh dua orang tidak dikenal. Berita tentang Wiranto ini hampir ditayangkan oleh seluruh Televisi Swasta nasional. Kenapa bisa begitu, coba saja kamu piker sendiri peristiwa yang dialami Wiranto sungguh tidak disangka-sangka sebelumnya. Selain itu seorang mentri seharusnya mendapatkan perlindungan yang ketat bukan saat melakukan kunjung, namun dua masyarakat biasa yang bersenjatakan gunting dapat melukainya dengan begitu parah.

Apa kamu ingin tahu bagaimana kronologi tentang tertusuknya Wiranto? Ada banyak sumber dari beberapa website, blog ataupun artikel lainnya yang sudah menulisnya. Namun dari sana kronologinya berbeda-beda. Ada yang mengatakan pada saat itu Wiranto keluar dari mobil dan terdapat sepasang suami istri yang menghampirinya dan mencoba menusuk wiranto menggunakan pisau. Tapi aksi tersebut tidak berhasil, karena Wiranto berhasil menghindarinya. Namun Wiranto terdorong saat menghindari serangan tersebut, akibatnya dirinya dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan ada kronologi lain yang mengatakan bahwa saat itu Wiranto tengah turun dari mobil dan dari arah belakang terdapat dua orang yang membawa benda tajam berupa gunting untuk menusuknya. Karena tidak ada yang tahu akhirnya Wiranto tertusuk dan dilarikan ke rumah sakit. Entah kronologi mana yang benar dari kedua kenyataan tersebut. Namun, yang pasti kronologi ini terjadi pada saat Wiranto melakukan kunjungan rutinnya di daerah Banten. Untuk waktunya juga tidak tahu kapan karena informasi yang ada didapatkan masih kurang banyak dan luas. Kamu bisa mencari informasi yang jelas di situsberita atau blog berita tentang kasus ini. Namun yang jelas banyak pemain judi bola yang berasal dari yang menyaksikan penyerangan yang terjadi pada Wiranto saat itu dan mereka semua membernarkannya.

Kemudia apa kamu tidak berpikir apa motif dari penyerangan yang didapatkan oleh Wiranto. Apakah masih ada hubungan atau sangkut pautnya dengan masalah yang kemarin-kemarin. Dimana puluhan atau bahkan sampai ribuan mahasiswa hampir seluruh mahasiswa mengepung kantor DPR. Seperti yang diketahui berita politik di Indonesia saat ini sedang ramai dibicarakan. Apakah peristiwa yang dialami Wiranto ini sebuah pesan dari masyarakat tentang salah politik yang baru-baru ini selalu jadi tranding topik?

Perkembangan Kasus Ikan Asin Yang Menjerat Actor Galih Ginanjar Semakin Memanas
Info News

Perkembangan Kasus Ikan Asin Yang Menjerat Actor Galih Ginanjar Semakin Memanas

Senin (01/07/2019) Galih Ginanjar resmi di laporkan Fairuz A Rafiq mantan istri yang sudah bercerai sejak tahun 2015 silam, mereka kini dihadapkan pada meja hijau setelah pernyataan Galih Ginanjar di video yang berdurasi tak begitu lama beberapa waktu lalu yabg diunggah di Youtube ‘Rey Utami dan Benua’ tentang bau ikan asin yang pernyataan itu teridentifikasi mengarah ke Fairuz mantan istri nya. Galih Ginanjar akan di jerat Pasal 27 Ayat 1 jo Pasal 45 ayat 1 atau Pasal 27 Ayat 3 jo Ayat 1 UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan UU ITE dan terancam hukuman 6 tahun penjara.

Setelah adanya laporan Fairuz terhadap Galih yang juga berstatus suami siri Barbie Kumalasari pada hari Jum’at (05/07/2019) Galih dipanggil oleh Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan. Dalam penyidikan tersebut hampir 13 jam Galih di mintai keterangan dengan sederet pertanyaan, sebanyak 46 pertanyaan di ajukan pihak penyidik kepada Galih yang akhirnya mantan suami Fairuz mengakui dengan sengaja membuat pernyataan bau ikan asin kepada Fairuz untuk mempermalukan mantannya tersebut di publik dan setelah penyidikan tersebut Galih juga menyatakan penyesalannya atas perbuatannya.

Setelah penyidikan hari Jumat status yang melibatkan Galih dan Fairuz statusnya naik menjadi kepenyidikan akan tetapi sampai hari ini belum ada penetapan tersangka pada Galih Ginanjar, Galih sementara berstatus sebagai saksi terlapor. Selain nama Ginanjar sang istri Barbie Kumalasari juga akan di jadwalkan melakukan pemeriksaan beserta teman Galih yaitu Rey Utami dan Pablo Benua. Selain Ginanjar bisa di mungkinkan Barbie Kumalasari juga bisa di tetapkan sebagai tersangka tergantung hasil pemeriksaan yang di jadwalkan pada hari rabu (09/07/2019). Sedang dari pihak Fairuz pada senin (08/07/2019) bersama suaminya Sonny dan di dampingi kuasa hukumnya Hotman Paris mendatangi Komnas Perempuan Jakarta Pusat. Fairuz merasa pernyataan Galih tersebut telah menginjak nginjak harga diri seorang wanita dan pernyataan tersebut bisa jadi merupakan kekerasan cyber sex. Jika dalam pengkajian pihak Komnas Perempuan benar benar ada pelanggaran maka pihaknya siap melakukan pendampingan terhadap Fairuz. Karena kejadian ini juga sangat berdampak pada kehidupan anak Fairuz hasil buah cinta dengan Ginanjar,

Melihat profesi kedua belah pihak yang sebagai publik figur kejadian ini seharusnya tidak terjadi, karena adanya pemberitaan yang negatif yang banyak di konsumsi publk tentang dunia keartisan tentu membuat crita buruk pada artis dan aktor Indonesia semakin melekat, seharusnya sebagai publik figur mereka sadar akan pentingnya berperilaku bijak dalam bersosial media, seharusnya prestasi lah yang seharusnya mereka pertontonkan bukan sensasi atau aib pribadi.

Peringatan dini Tsunami Oleh BMKG untuk Gempa Ternate M 7,1 Telah dicabut
Info News

Peringatan dini Tsunami Oleh BMKG untuk Gempa Ternate M 7,1 Telah dicabut

Pada minggu, 07 juli 2019 tepatnya jam 22.08 WIB di Ternate, Maluku Utara terjadi gempa berkekuatan Magnitudo 7,1 dengan kedalaman 10 kilometer, gempa ini merupakan gempa pertama dimana terjadi dua gempa susulan berikutnya, gempa pertama berpusat di barat daya Ternate, Maluku Utara di 136 kilometer tepatnya 0.50 LU dan 126,17 BT. Lokasi ini terdapat banyak gunung api yang ada di bawah laut yang di khawatirkan rawan terjadinya longsor untuk untuk itu perlu pengawasan ekstra untuk memastikan bahwa tidak adanya perubahan air laut yang dapat memicu Tsunami. Selain adanya gunung api titik terjadinya gempa juga terdapat pergerakan tiga lempengan, lempeng barat Eurasia, timur lempeng Filipina dan tengah lempeng laut Maluku dimana pergerakan ketiga lempeng tersebut dapat memiju terjadinya gempa susulan yang lebih banyak. Gempa kedua terjadi tak berselang lama dengan gempa pertama yang disertai gempa ketiga. Gempa yang terjadi di Ternate memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault) yang disebabkan adanya tekanan lempeng mikro Sangihe ke arah timur dan adanya tekanan lempeng mikro Halmahera ke arah barat.

Pasca gempa berkekuatan magnitudo 7.1 ditambah dikeluarkannya peringatan dini Tsunami oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), banyak masyarakat yang berhamburan keluar rumah dan enggan untuk pulang, mereka memilih untuk mencari tempat yang aman di wilayah ketinggian, masyarakat yang memilih bertahan di luar rata rata mereka yang tinggal di wilayah pesisir, mereka banyak dari masyarakat penduduk kelurahan Makassar Timur dan kelurahan Bastiong yang merupakan penduduk pesisir. Meraka memilih tinggal sementara di rumah sanak saudaranya. Sempat pula di Tagulandang air laut mengalami kenaikan demi menjaga keselamatan mereka memilih mengungsi.

Hingga senin (08/07/2019), pasca gemba berkekuatan Magnitudo 7,1 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mencatat 49 kali gempa susulan dimana kekuatan gempa susulan itu semakin kecil. Sepanjang ini gempa susulan yang terbesar hanya berkekuatan magnitudo 5.5 dan paling rendah bermagnitudo 3,2. Gempa terakhir terjadi sekitar pukul 17.58 WIT dengan kekuatan magnitudo 3.2. Dimana sebelumnya peringatan dini Tsunami pada hari senin (08/07/2019) pukul 00.09 WIB telah di cabut oleh BMKG. Sampai hari senin tanggal (08/07/2019) juga tidak ada laporan kerusakan yang berat akibat guncangan gempa bermagnitudo 7.1 pada minggu 07/07/2019, malam.

Meski kekuatan gempa semakin rendah dan peringatan dini Tsunami telah dicaut, BMKG tetap memantau perkembangan dan melaporkan secara berkala sedang BMKG mengharapkan warga sekitar tetap dalam keadaan tenang untuk tidak terhasut dengan berita berita Hoax dan selepas di cabutnya peringatan dini Tsunami maka warga bisa kembali pulang dan melakukan aktivitas kembali. Dan actjvitas laut berjalan normal kembali.

Akankah Menteri Milinial ada di Kabinet Kerja Jokowi Jilid 2, dan siapa Audrey Yu Jia Hui ?
Info News

Akankah Menteri Milinial ada di Kabinet Kerja Jokowi Jilid 2, dan siapa Audrey Yu Jia Hui ?

Sidang sengketa pilpres telah di umumkan pada hari Kamis, 27 Juni 2019 oleh Mahkamah Agung, pembacaan ini di percepat dimana sebelumnya pembacaan putusan MK akan di gelar pada hari Jum’at tanggal 28 Juni 2019. Dalam pembacaan Putusan MK hakim menolak semua gugatan dari pihak Prabowo – Sandi atau pihak pemohon dengan kata lain sengketa Pilpres dimenangkan oleh kubu Jokowi – Ma’ruf. Dalam pernyataan kedua belah pihak telah menyatakan patuh terhadap keputusan MK berarti pilpres 2019 telah memenuhi babak akhir dan babak baru pasca pilpres telah menanti yang menjadi PR besar bagi kepemimpinan bapak Jokowi – Ma’rufm akankah semua janji dan program kerja Bapak Jokowi tercapai di periode 5 tahun kerja ini. Tentu semua program kerja ini tergantung kerja para kabinet yang ada di pusaran Jokowi, dan akankah posisi kabinet Jilid 1 tetap di pakai oleh bapak Jokowi ataukah akan ada nama nama baru dalam kabinet kerja jilid 2.

Masa kerja Jokowi – Ma’ruf tinggal menunggu hari pelantikan, perhatian publik terpusat pada sosok sosok kabinet kerja Jokowi, dalam pernyataannya Jokowi menginginkan kabinet yang mampu fleksibel, dinamis dan bisa mengikuti perkembangan zaman yang sangat pesat. Jokowi juga menyatakan akan menggandeng kabinet dari kalangan milenial. Menteri di kalangan muda ini diharapkan mampu menerima tantangan, cepat, agresif sehingga kinerja pemerintahan Jokowi lebih maju dan baik. Selain itu tentu hal ini juga memberikan peluang bagi anak muda untuk berada di bagian depan dalam proses pengambilan kebijakan dan akan berdampak positif akan minat dan juang anak muda lainnya untuk mempersiapkan diri karena jika kabinet milenial benar benar terwujud dan memberikan hasil positif bagj perkembangan bangsa tentu juga akan ada menteri menteri milenial lainnya yang bermunculan dan peluang bagi anak muda lain semakin terbuka lebar.

Banyak nama yang di usung akan menjadi menteri milenial yang akan menduduki kabinet kerja Jokowi jilid 2, termasuk mencuatnya nama Audrey Yu Jia Hui. Audrey merupakan warga asli Surabaya, namanya mulai di kenal masyarakat saat Ajang Festival Prestasi Indonesia yang selenggarakan oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Dalam festival tersebut Audrey dinobatkan sebagai ikon Besprestasi Indonesia dari 72 Ikon. Audrey memiliki kecerdasan luar biasa hanya waktu 5 tahun dia mampu menempuh pendidikan SD dan 1 tahun untuk masa SMP bahkan yang lebih mengejutkan masa SMA ia tuntaskan dalam hitungan 11 bulan. Genap usia 13 tahun ia lulus SMA karena usia yang sangat muda tidak bisa di terima di Universitas mana saja di Indonesia maka Audrey mengambil pendidikan di Amerika.

Akankah Jokowi benar benar memilih Audrey sebagai menteri di kabinetnya, ataukah akan muncul nama lain tentu kita berharap semua akan menbawa perubahan yang lebih baik untuk bangsa Indonesia maka mari kita dukung pemerintahan ini untuk Indonesia maju.

Menyoroti sistem zonasi di masyarakat
Info News

Menyoroti sistem zonasi di masyarakat

Penerimaan Peserta Didik baru 2019 sudah di buka bulan Juli ini tetapi jangan terkejut jika sebagian orang tua dan anak di kecewakan karena tidak di perbolehkan masuk ke sekokah unggulan bukan karena nilai anak yang buruk tetapi hanya karena rumah mereka jauh dari lokasi sekolah, ya karena pemerintah mulai sekarang mewajibkan sistem zonasi. Apa itu sistem zonasi ? Sistem zonasi ini memberlakukan penerimaan peserta didik dengan mempertimbangkan jarak rumah dengan sekolah tepatnya 80% kuota peserta didik akan di berikan kepada murid yang dekat dengan rumah tanpa melihat nilai yang ada.

Banyak sekali para orang tua yang nilai anaknya tinggi dan berharap bisa masuk ke sekolah favorit kecewa akan peraturan ini dikarenakan tempat tinggal tidak masuk dalam zona sekolah tersebut. Pemberlakuan sistem zonasi ini juga di nilai akan berdampak buruk akan perkembangan si anak karena melekatnya pandangan masyarakat bahwa tolak ukur kecerdasan si anak dinilai dari dimana ia sekolah, anak yang bersekolah di sekolah favorit dianggap anak pilihan dengan kecerdasan di atas rata rata sehingga dengan sistem ini memungkinkan anak yang cerdas hanya bisa sekolah di sekolah biasa sehingga mental anak merasa dibawah dan membuat anak patah semangat belajar karena meski mereka berusaha untuk mendapatkan nilai bagus pada akhirnya tetap hanya bisa sekolah di sekolah biasa.

Sedang dari kacamata pemerintah sistem zonasi ini merupakan solusi dari permasalahan yang ada di dunia pendidikan sekarang ini karena sistem zonasi ini diharapkan mampu memeratakan kesenjangan kwalitas pendidikan bisa kita lihat adanya sekolah favorit mengakibatkan pihak sekolah mampu mendapatkan peserta didik yang kecerdasannya diatas rata rata sehingga sekokah yang kurang terpandang jarang sekali di lirik sehingga mereka hanya mampu mencari peserta didik sedang dan biasa tentu ini terjadi ketidak meratanya penyebaran peserta yang pandai. Sehingga sistem zonasi ini pada akhirnya akan menghapus predikat sekolah favorit dan sekolah biasa akan mendapatkan peserta didik yang merata dan tentu bertambah jumlah peserta didiknya dan kwalitas sekolan dari sarana prasarana, dan kwalitas tenaga pengajar karena sistem zonasi ini juga akan di berlakukam pada tenaga pengajar.

Sistem zonasi ini sebenarnya juga telah di terapkan di beberapa negara maju contohnya Amerika tetapi mereka biasa biasa saja karena dengan sistem zonasi siswa dapat bersekolah dengan bersepeda ataupun jalan kaki, mereka tedak akan merasa kelelahan untuk pulang pergi ke sekolah yang pada akhirnya memicu tingkat depresi anak. Jadi baik buruknya sistem zonasi ini ada tetapi jika baik pemerintah, pihak sekolah dan wali murid bekerja sama untuk mewujudkan hal hal positif dari kelebihan sistem zonasi ini tentu akan lebih bermanfaat ketimbang berselisih antara kelebihan dan kekurangannya saja.

Mengambil Pelajaran dari Peristiwa Thoriq, Pendaki yang Hilang di Gunung Piramida
Uncategorized

Mengambil Pelajaran dari Peristiwa Thoriq, Pendaki yang Hilang di Gunung Piramida

Libur akhir tahun tentu merupakan moment yang sangat di tunggu tunggu oleh para pelajar, sayang kalau hanya di habiskan dengan berdiam diri di rumah, tentu banyak cara untuk menghabiskan liburan sekolah yang sangat panjang ini , termasuk Thoriq Rizky Maulidan bersama ketiga temannya Pungki, Riski dan Syafril yang melakukan pendakian di Gunung Piramid Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur pada Minggu tanggal 23/06/2019.

Akan tetapi bukan peristiwa yang mengemberikaan yang di peroleh dari ke empat pelajar ini, pada Minggu sore selepas turun dari pendakiaan Thoriq tak kunjung tiba di kaki gunung, akhirnya Thoriq dilaporkan hilang pencarian di lakukan sejak Senin, 24/06/2019 pencarian memakan waktu berhari hari dengan harapan Thoriq bisa ditemukan dengan keadaan selamat akan tetapi harapan itu sirna tatkala pada hari Jum’at tanggal 05 Juli 2019 yang bertepatan hari kelahirannya, Thoriq ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

Dugaan sementara dari pihak kepolisian setempat, Thoriq meninggal akibat terpelesat dan jatuh ke jurang dengan ketinggian 400 meter, terlepas dari dugaan tersebut beberapa mitos dan kabar yang beredar di masyarakat mengenai Gunung Piramid perlu kita ketahui, pertama Gunung Piramid termasuk bagian Gunung Argopuro, kedua sesuai namanya Gunung Piramid berbentuk segitiga piramida, ketiga memiliki mitos dimana para pendaki di larang mengambil benda apa saja yang ada di Gunung konon barang siapa yang melanggar tidak bisa menemui jalan pulang, ke empat Gunung Piramid memiliki jalur lintasan yang ekstrim dengan kemiringan 90 derajat.

Peristiwa Thoriq tentu bukan hal pertama kita dengar, masih ada beberapa teman kita para pendaki yang juga mengalami hal sama saat pendakian. Tentu kita tidak menginginkan kabar duka kembali dari para sahabat pendaki kita untuk itu perlu kita mengambil pelajaran dari semua peristiwa ini, beberapa hal bisa ambil pelajaran pertama sebelum melakukan pendakian tidak salahnya kita cek kondisi badan kita, sehat ataukah kurang sehat dan jika ada riwayat penyakit yang membahayakan lebih baik berkonsultasi dengan dokter, cek semua perlengkapan yang akan di bawa terutama alat alat untuk keselamatan dan pastikan semua alat berfungsi dengan baik contoh cek sepatu yang akan di pakai jangan samoai alas sepatu sudah halus. Selain itu perhatikan mitos yang beredar meski tidak ada bukti ilmiah yang bisa membenarkan fakta mitos tetapi tidak ada salahnya mematuhi mitos untuk adap kesopanan karena kita memasuki wilayah orang lain dan tentu kita juga menyadari bahwa dunia juga di huni mahkluk sakral untuk itu alangkah baiknya tetap waspada demi keselamatan. Semoga peristiwa sahabat Thoriq merupakan kabar duka yang terakhir dan semoga amal ibadahnya di terima di sisi Allah yang Maha Esa. Amien…

Dukungan Dari Para Purnawirawan TNI Untuk Jokowi
Info News

Dukungan Dari Para Purnawirawan TNI Untuk Jokowi

Pemilihan presiden baru sebentar lagi akan dimulai, calon presiden nomor urut 01 yaitu Joko Widodo datang ke Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat dalam rangka silaturrahmi dengan Purnawirawan TNI-Polri. Jokowi di damping oleh Jenderal TNI Luhut Binsar pandjaitan, Jenderal Purn TNI Moedoko dan Jenderal Purn TNI Wiranto. Beliau tiba dengan memakai kemeja putih dan celana hitam pada pukul 17.00 WIB. Sebelum menuju tempat duduk para purnawirawan menyambut Jokowi dengan berjabat tangan satu persatu. Dan akhirnya tiba penyambutan dari Jokowi yang isinya berupa daftar pencapaian kerja selama Jokowi menjabat sebagai presiden, dimulai dari pembangunan infrastruktur baik skala kecil maupun besar, dan secara merata pembangunan ini juga sampai diluar Jawa seperti papua. Pembangunan yang dilakukan oleh Jokowi merata keseluruh Indonesia.

Isi pidato Jokowi juga menjelaskan bahwa Indonesia tidak akan maju dan mampu bersaing dengan Negara lainnya jika tidak memiliki infrastruktur yang baik. Sehingga pembangunan ini memiliki dampak yang cukup besar. Selain menjelaskan tentang pencapaian hasil kerja, Jokowi juga menjelaskan tentang program BBM yang lebih terjangkau di banding sebelumnya, khususnya yang berada di daerah Papua. Dengan adanya program ini maka daratan terpencil seperti Papua tetap akan mendapatkan BBM dengan harga yang lebih terjangkau. Dalam penutupan pidatonya beliau menyebutkan bahwa sangat penting dalam menjaga stabilitas keamanan dan juga politik di Indonesia, kunci dari stabillitas keamanan dan politik berada di tangan POLRI TNI. Selesainya pidato Jokowi dilanjutkan deengan pidato dari mantan stap Angkatan Laut atau KSAL Laksamana TNI (Purn) Arief Koeshariadi sebagai wakil dari pihak Purnawirawan TNI-Polri menyampaikan deklarasi dukungan kepada pasangan calon presiden Jokowi-Ma’ruf Amin. Arief menjelaskan bahwa Indonesia membutuhkan pemimpin yang bersih, jujur, kerja nyata dan juga memiliki komitmen yang kuat untuk mensejahterahkan rakyat Indonesia, dan sosok tersebut ada pada Joko Widodo. Selanjutnya menyampaikan juga bahwa para purnawariwaran TNI-Polri yang hadir disini menyatakan dengan optimis akan mendukung kerja nyata Jokowi. TNI-Polri yang hadir akan memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf di pillpres periode 2019-2024. Guna memajukan Indoneisa maju, mandiri, berdaulat dan juga berlandaskan Pancasila dan UUD.

Setelah sambutan yang disampaikan oleh perwakilan TNI-Polri selesai, Jokowi menjawab bahwa ia tidak bisa memberikan apa-apa, kecuali rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan oleh Purnawirawan yang hadir dalam acara ini. Jokowi menambahkan bahwa dukungan yang diberikan akan membuat semangat luar biasa untuk terus bekerja demi kemajuan bangsa Indonesia Raya. Selain Arief, juga hadir Laksamana Madya TNI Purnawirawan) Freddy Numberi, Jenderal TNI (Purnawirawan) Subagyo HS, Letjen TNI (Purnawirawan) Suaidi Marasabessy, Laksamana TNI (Purnawirawan) Bernard Kent Sondakh, Jenderal Polisi (Purnawirawan) Surojo Bimantoro, dan Jenderal Polisi (Purnawirawan ) Roesmanhadi.

Indonesia Berkabung, Duka Mendalam Atas Kepergian Ibu Negara ke-6 Republik Indonesia
Info News

Indonesia Berkabung, Duka Mendalam Atas Kepergian Ibu Negara ke-6 Republik Indonesia

Indonesia berkabung menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri pada Sabtu, 1 Juni 2019. Pasalnya, istri dari presiden Republik Indonesia yang ke 6 Susilo Bambang Yudhoyoni yang bernama Ani Yudhoyono meninggal setelah menjalani perawatan medis dalam kurun waktu yang cukup lama di salah satu rumah sakit ternama di negara Singapura yakni National University Hospital Singapura. Almarhumah Ani Yudhoyono meninggal pada pukyl 11.50 waktu setempat. Almarhumah Ani Yudhoyono meninggal disebabkan oleh penyakit kanker darah yang telah lama dideritanya. Almarhumah Ani Yudhoyono telah menjalani perawatan sebelum pesta demokrasi di Indonesia dimulai yakni tepatnya pada 2 Februari 2019. Selama dalam masa perawatan , almarhumah Ani yudhoyono senantiasa didampingi oleh orang -orang terkasihnya yakni suami yang sangat mencintainya Susilo Bambang Yudhoyono, kedua anak laki-lakinya Edhy Baskoro Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono serta para menantu yang juga sangat mengasihinya baik Anisa Pohan maupaun putri dari politikus Hatta Rajasa. Mereka silih berganti dengan setia dan penuh kasih sayang menjaga almarhumah dalam proses pengobatan penyakit yang dideritanya.

– Tindakan Medis Sebelum Wafat

Almarhumah ibu Ani Yudhoyono telah menjalani beberapa tindakan medis, salah satunya adalah dengan menjalani operasi transplantasi sumsum tulang belakang yang diberikan dengan sukarela oleh adiknya Pramono Edhi Wibowo. Namun adanya operasi tersebut belum mampu memberikan dampak akan sembuhnya almarhumah ibu Ani Yudhoyono. Bahkan yang mengejutkan adalah beliau justru harus mendapatkan perawatan intensif pasca operasi di ruang ICU. Ibu Ani Yudhoyono akhirnya meninggal dunia pada sabtu 1 juni 2019 setelah kurang lebih menjalani perawatan selama 4 bulan melawan penyakit kanker darah atau yang lebih terkenal dengan istilah Leukimia.

– Duka Mendalam Keluarga dan Masyarakat Indonesia

Indonesia Berkabung, Duka Mendalam Atas Kepergian Ibu Negara ke-6 Republik Indonesia

Kepergian Almarhumah Ani Yudhoyono kembali pada sang pencipta memberikan duka yang mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama bagi pihak keluarga besar Cikeas. Hal ini dapat terlihat dari suasana kesedihan yang menutupi keluarga presiden Indonesia yang ke 6 tersebut. Edhy Baskoro Yudhoyono mengungkapkan kesedihan akan kepergian ibunda tercintanya melalui kenangan sebelum beliau meninggal. Ia teringat akan keinginan ibundanya bahwa beliau ingin kembali ke negara yang sangat ia cintai. Namun Edhy tak menyangka bahwa kembalinya sang ibunda ke tanah air adalah untuk dimakamkan. Sungguh hal yang sangat tidak pernah disangka bahwa hal tersebut adalah sebuah firasat almarhumah Ani Yudhoyono untuk pergi selama lamanya.

Almarhumah ibu Ani Yudhoyono berpulang ke Rahmatulloh pada usianya yang ke 67 tahun. Jenazah Almarhumah ibu Ani Yudhoyono dikebumikan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada minggu 2 Juni 2019 dengan upacara militer. Pada upacara pemakaman almarhumah ibu Ani Yudhoyono banyak dihadiri oleh para pejabat negara dan juga presiden Jokowi. Doa senantiasa tercurah mengantarkan kepergian beliau menghadap Sang Pencipta.



Lowongan CPNS Kembali Dibuka Mencapai Lebih Dari 254 Ribu Lowongan CPNS
Info News

Lowongan CPNS Kembali Dibuka Mencapai Lebih Dari 254 Ribu Lowongan CPNS

Bagi para pelamar pekerjaan yang menginginkan menjadi pegawai negeri sipil patut bergembira karena adanya kabar baik yang datang dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebab lowongan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka pada tahun 2019 ini. Hal ini sebagaimana disampaikan pada laman resmi BKN pada akun twitternya bahwa Badan Kepegawaian Negara(BKN) mengumumkan jumlah lowongan CPNS yang disediakan pada tahun 2019 mencapai 254.173 lowongan CPNS. Meskipun telah mengumumkan jumlah lowongan yang tersedia, BKN masih belum mengumumkan secara resmi mengenai waktu pembukaan lowongan, syarat dan ketentuan, serta lowongan apa saja yang tersedia. sejalan dengan penyampaian alokasi lowongan CPNS, pihak BKN memberikan daftar pembaharuan lowongan CPNS yang ada di pusat serta daerah. Untuk jatah yang dibutuhkan bagi pemerintah pusat adalah sebanyak 46.425 lowongan.

– Alokasi Lowongan CPNS

Untuk PNS di tingkat pemerintah pusat rinciannya adalah sebanyak 23.213, bagi pelamar umum sebanyak 17.510 dan dari sekolah ikatan dinas sebanyak 5.696 lowongan. Selain hal tersebut, pemerintah juga membuka lowongan pekerjaan sebanyak 23.212 lowongan bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK. Untuk jumlah lowongan CPNS di tingkat daerah adalah sebanyak 62.324 untuk PNS dan 145.424 untuk lowongan PPPK. Pembukaan lowongan CPNS pada tahun 2019 ini telah sesuai dengan keputusan Menteri PANRB Nomor 12 Tahun 2019 mengenai Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara Secara Nasional 2019.

– Akuntabilitas dan Transparansi Seleksi CPNS

Melihat dari rekrutmen pemerintah terkait dengan lowongan CPNS 2019, banyak pihak yang menilai bahwa seleksi CPNS tidak transparan. Menanggapi hal tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjelaskan bahwa proses seleksi perekrutan Aparatur Sipil Negara di era pemerintahan yang ia jalankan telah berjalan sesuai aturan yang berlaku, transparan serta akuntabel. Hal ini juga turut disampaikan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) pada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (PANRB) Setyawan Wangsa Atmaja bahwa telah hilang celah bagi pihak-pihak yang gemar bermain curang dalam hal ini adalah calo proses seleksi CPNS. Terkait dengan hal tersebut, pihak PANRB menyatakan keamanan soal seleksi CPNS terjamin dengan sistem keamanan berlapis.

Kabar Terbaru Jebolnya Tanggul Pasarjati
Info News

Kabar Terbaru Jebolnya Tanggul Pasarjati

Musim hujan masih menjadi bencana di beberapa wilayah, seperti yang terjadi di wilayah Bandung Timur tepatnya berada di wilayah Gedebage. Tanggul Pasarjati jebol dan membuat banjir disejumlah titik. Seperti yang dijelaskan oleh Koordinator Humas SAR bandung Joshua Banjarnahor mengatakan bahwa dampak dari jebolnya tanggul mengakibatkan sebagian wilayah di Bandung Timur kebanjiran, khususnya yang berada di wilayah Gedebage sudah mencapai selutut orang dewasa. Saat ini tim SAR masih menyisir wilayah yang terdampak banjir seperti jl Rumah Sakit kecamatan Cinambo, jl. ojong Awi Kidul kecamatan Arcamanik, dan jl. Pasirjati Timur kecamatan Cilengkrang. Arus dibeberapa lokasi cukup deras dan suasana tersebut masih hujan deras dan minim adanya penerangan. Awalnya sebanyak 6 rumah ambruk, satu meninggal dunia dan dua orang menghilang. 6 rumah yang ambruk berada di Pasirjati Ujungberung, bandung. Rumah tersebut hancur karena terseret air saat tanggul jebol pada sabtu, 9 Februari 2019.

Saat ini tim SAR masih berada di lokasi kejadian dan membantu evakuasi orang-orang, dibantu juga oleh pihak kepolisian dan Dinas Pemadam kebakaran kota Bandung. Di sekitar rumah yang hancur arus sangat deras sehingga tim SAR harus berhati-hati. Untuk kondis jalan terkini yang ada di wilayah Gedebage mengalami macet. Pengguna jalan dihimbau agar menghindari wilayah Cinambo, Arcaminik, dan ujung Berung. Banjir yang di alami di Bandung ini akibat jebolnya tanggul pasirjati, hingga saat ini Tim SAR tetap berada di lokasi kejadian. Bupati Bandung Dadang M Naser datang kelokasi bencana banjir, beliau datang pada pukul 11.00 WIB didampingi oleh kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan dan juga kepala BPBD kabupetan Bandung Akhmad Djohara. Bupati mengatakan bahwa kabupaten Bandung dinyatakan sebagai daerah bencana nomor 12 di Indonesia, untuk bencana yang sering terjadi adalah longsor, banjir dan putting beliung. Beliau juga mengatakan bahwa air yang masuk kerumah warga adalah air dari Cipanjalu, benteng jebol sehingga beberapa rumah rusak. Sekarang ini jumlah rumah yang rusak semakin bertambah menjadi 12 rumah. Menelan korban 3 orang yang meninggal dunia, satu orang terluka berat dan dua orang lainnya mengalami luka ringan. Saat ini sedang dirawat di Rumah sakit Santosa. Bupati memperingatkan warga agar tetap berhati-hati dengan kejadian bencana alam, dan untuk kejadian jebolnya tanggul hal ini sulit diprediksi. Dan tidak lupa juga bupati berterimakasih kepada tim gabungan yang telah melakukan evakuasi warga dan membantu agar alliran air kembali lagi ketempat semula.

Hingga saat ini warga diharapkan tetap berhati-hati, banyak juga warga yang masih mengungsi, khususnya mereka yang terkena dampak kerusakan pada rumah mereka. Bencana seperti tidak hanya rawan terjadi di daerah Bandung saja, namun bisa saja terjadi di daerah rawan bencana lainnya.

Daftar Bisnis Gibran dan Kaesang Putra Jokowi
Info News

Daftar Bisnis Gibran dan Kaesang Putra Jokowi

Semua masyarakat pasti tahu sebelum Joko Widodo menjadi presiden orang nomor satu di Indonesia, beliau adalah seorang pembisnis mebel. Bisnis mebel yang dikembangkannya bahkan sampai mancanegara. Dan ternyata jiwa bisnis yang ada pada Jokowi menurun kepada kedua putranya, yaitu Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. Tidak tanggung-tanggung, bisnis kedua putranya berkembang sangat sukses dan diterima masyarakat luas.

Berikut ini adalah daftar bisnis yang saat ini sedang dijalankan oleh Gibran dan Kaesang yang mampu mengalahkan bisnis mebel ayahnya.
• Martabak Markobar
Martabak Markobar menjadi salah satu bisnis yang ditekuni oleh Gibran Rakabuming putra sulung Jokowi. Warung martabak ini diberi nama Markobar. Demi bisnis barunya lancar dan sukses Gibran merekrut pengusaha martabak yang bernama Arif Setyobudi. Martabak ini sudah berdiri sejak tahun 2014 dan memiliki 8 variasi rasa yang menggiurkan. Hingga saat ini Gibran sukses memiliki 26 cabag di kota-kota besar di Indoensia.
• Sang Javas
Pakaian Sang Javas adalah salah satu bisnis yang digeluti oleh putra bungsu Jokowi yang bernama Kaesang. Usaha clothing laku keras di pasaran hingga saat ini lebih dari 2.000 kaos terjual dipasaran.
• Pasta Buntel
Bisnis Gibran tidak hanya sampai di martabak saja, namun ia juga membuka usaha baru dengan teman-temannya yaitu Pasta Buntel. Ada banyak menu makanan lainnya yang ditawarkan di warung Pasta Buntel. Harga sangat terjangkau dibawah Rp 20.000. Semua makanan yang dijual di warung ini dibungkus dengan daun pisang, dan dibakar dengan api yang kecil.
• Pisang Nugget
Baru-baru ini Kaesang juga membuka bisnis baru berupa pisang nugget. Bentuk dari pisang ini seperti nugget kemudian diberi topping yang beragam. Bisnis ini sudah ada sejak tahun 2017, hingga saat ini bisnis Kaesang sudah memiliki outlet lebih dari 50 cabang diberbagai kota. bahkan bisnis Mebel Jokowi kalah dengan bisnis pisang nugget. Dalam kesempatan wawancara Kaesang memberikan strategi jitu untuk mampu bertahan dengan bisnis pisang nugget yang dijalaninya. Apalagi di luar sana ada banyak pebisnis pisang yang menawarkan olahan yang sama. Salah satu strategi jitu yang dijelaskan oleh Kaesang adalah maksimal 6 bulan sekali harus ada inovasi terbaru agar usaha pisang yang digelutinya mampu bertahan dan sukses.
• Katering Chilli Pari
Chilli Pari adalah bisnis yang dijalankan oleh Gibran Rakabuming. Bisnis kuliner ini menjadi bisnis yang sangat popular yang sudah ada sejak tahun 2010. Usaha yang dikembangkan Gibran ini membutuhkan usaha yang keras.

Bisnis yang dikembangkan oleh anak-anak Jokowi bisa dijadikan sebagai motivasi atau pembelajaran bagi para anak muda yang suka bermain game online di. Bisnis Kaesang dan Gibran juga bisa menjadi pemicu agar anak Indonesia tidak perlu takut melangkah meraih kesuksesan.

Akhirnya Harga BBM Turun
Info News

Akhirnya Harga BBM Turun

Kabar gembira bagi warga Negara Indonesia bahwa pada tanggal 10 Februari 2019 harga BBM turun. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan formula baru untuk harga eceren BBM, dengan adanya formula tersebut maka harga BBM akan diturunkan. Banyak orang yang bertanya-tanya kenapa formula baru tersebut turun di tahun politik, tahun pemilihan presiden yang akan terjadi ditahun 2019. Namun Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM yaitu Djoko Siswanto mengatakan bahwa formula ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan tahun politik. Dan info tebaru mengatakan bahwa memang harga minyak dunia sebelumnya mengalami kenaikan hingga menyentuh US$ 106 perbarel, namun sekarang mengalami penurunan terus menerus. Karena kurs yang sering berubah-ubah maka pemerintah masih bisa menurunkan harga BBM, jika kurs turun secara tetap bisa saja pemerintah menurunkan harga BBM hingga setengah harga aslinya. Dengan adanya formula terbaru yang digunakan maka diharapkan tidak ada pihak yang mengambil keuntungan semaunya sendiri.

Hingga akhirnya sejal 10 Februari 2019 pukul 00.00 waktu Indonesia setempat pihak PT Pertamina menurunkan harga bahan bakar. Untuk harga pertamax turun namun untuk harga Pertalite tetap. Dan sudah dijelaskan di atas bahwa turunnya harga BBM disebabkan oleh menurunnya harga minyak bumi mentah dan nilai tukar rupiah yang tinggi, rupiah semakin kuat terhadap dollar AS. Untuk besaran penurunan BBM bervariasi, untuk info lebih lanjutnya anda bisa melihat daftar nfo berikut ini :
• Pertamax Turbo yang awalnya harga Rp 12,000 per liter sekarang menjadi Rp 11.200 perliter.
• Pertamax biasa yang awalnya harga Rp 10.200 menjadi Rp 9.850 per liter
• Dexlite yang awalnya harga Rp 10.300 menjadi Rp 10.200 per liter
• Dex yang awalnya harga Rp 11.750 menjadi Rp 11.700 per liter
• dan untuk pertalite harga masih tetap yaitu Rp 7.650 per liter.

Akhirnya Harga BBM Turun

Pihak pertamina juga melakukan penyelerasan harga BBM atau premium disejumlah wilayah yang ada di Indonesia, Seperti wilayah Bali dan Madura harga premium sebesar Rp 6.450 per liter sehingga harga tersebut sama dengan harga premium yan ada di luar Jawa, Madura dan juga Bali. Dan sebelumnya harga dibeberapa tempat berbeda hal ini disebabkan oleh adanya pemberlakuan pajak Bahan bakar kendaraan bermotor atau yang dikenal dengan nama PBBKB yang berasa di setiap wilayah. Dengan adanya penurunan harga maka diharapkan bahwa ekonomi yang ada di Indonesia berkembang dan maju pesat. Adapun penurunan harga BBM tidak ada sangkut pautnya tentang tahun politik ini, maka diharapkan bahwa tahun politik ini terjaga dari segala hal yang tidak diinginkan, berpolitik dengan baik dan sehat.

Fakta Mengejutkan Prostitusi Online Vanessa Angel
Entertainment Info News

Fakta Mengejutkan Prostitusi Online Vanessa Angel

Tahun 2019 menjadi tahun yang berat bagi Vanessa Angel, artis terkenal yang sering muncul di televisi ini berurusan dengan polisi dalam kasus prostitusi. Kepolisian Daerah Jawa Timur telah menahan Vanessa sebagai tersangka kasus prostetusi online sejak hari Rabu 30 Januari 2019. Frans Barung Mangera selaku juru bicara Kepolisian Daerah Jawa Timur mengatakan bahwa Vanessa menjadi tersangka dengan kurungan di atas 5 tahun penjara. Vanessa ditangkap di sebuah kamar hotel di Surabaya dengan seorang pria pada hari Sabtu, 5 januari 2019 yang lalu, sebelumnya ia dijadikan sebagai saksi, namun setelah melalui pemeriksaan ia menjadi tersangka.

Vanessa Angel

Berikut ini adalah fakta mengejutkan banyak orang tentang kasus prostitusi online yang saat ini sedang memanas :
• Ditetapkan sebagai tersangka Vanessa akan dikurung 20 hari kedepan
Dengan mempertimbangkan syarat objektif dan subjektif akhirnya Vanessa akan mulai ditahan tanggal 30 Januari 2019. Syarat objektif berupa Vanessa dijerat Pasal 27 ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik. Sedangkan untuk syarat subjektif adalah dikhawatirkan Vanessa akan menghilangkan barang bukti dan juga melarikan diri.
• Ada empat orang lainnya lagi yang menjadi tersangka
Tidak hanya Vanessa saja yang akan menjadi tersangka, namun ada empat mucikari yang ditahan oleh pihak kepolisian, di antaranya adalah Siska, Winindya, Fitria dan Tantri Novanta. Namun kepolisian tidak menjadikan pelanggan Vanessa sebagai tersangka, namun pihak kepolisian tetap akan mendalami peran dari pelanggan vanesa yang berinisial R.
• 45 artis dan model terlibat dalam prostitusi online
Fakta lain yang mengejutkan adalah tidak hanya Vanessa saja yang masuk ke prostitusi online, ada banyak kalangan artis yang disalurkan oleh Tantri dan Endang.
• Orang tua tidak mau menjadi penjamin
Milano Lubis sebagai pengacara Vanessa mengatakan bahwa ayah Vanessa yang bernama Doddy Sudrajat tidak maun menjadi penjamin permohonan penangguhan penahanan anaknya.
• Mengalami Depresi
Terjeratnya Vanessa dalam kasus prostitusi online ini membuatnya khawatir dan mengalami gangguan jiwa. Vanessa mengalami depresi yang hebat hingga ia jatuh sakit setelah diperiksa 12 jam.
• Adanya bukti video asli
Vanessa menjadi tersangka terkait kasus prostitusi karena dirinya terlibat secara langsung transaksi prostitusi, dia terbukti mengeskplore dirinya dengan foto dan video yang ia kirimkan sendiri ke pihak mucikari.
• Bukti baru yang semakin kuat
Bukti baru tersebut berupa Vanessa tidak hanya sekali ini saja melakukan pelayanan kepada pelanggan. Vanessa juga meminta sendiri untuk dicarikan kepada mucikari-mucikari tersebut. Bukti baru tersebut juga adanya lalu lintas uang yang masuk ke rekening Vanessa dari para mucikari.
Tidak hanya Vanessa Angel saja yang terlibat dengan kasus prostitusi online, ada banyak daftar nama artis terkenal yang sudah dikantongi oleh pihak kepolisian.

Pemerintah Memberikan Sanksi Tegas Kepada Pertamina Akibat Tumpahnya Minyak Di Teluk Balikpapan
Entertainment Info News

Pemerintah Memberikan Sanksi Tegas Kepada Pertamina Akibat Tumpahnya Minyak Di Teluk Balikpapan

KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) memastikan PT Pertamina RU V Balikpapan mendapatkan sanksi berupa sanksi administrasi akibat tumpahnya minyak di Teluk Balikpapan pada 31 Maret 2018 lalu. Siti Nurbaya selaku Menteri KLHK memberikan sanksi tersebut setelah ditemukan bukti kelalaian PT Pertamina di lokasi tumpahnya minyak. Dari pengamatan di lapangan ditemukan bahwa PT Pertamina RU V Balikpapan tidak memiliki early warning system dan tidak ada pemantauan. Seharusnya ketika terjadinya penurunan tekanan, secara otomatis akan tampil di komputer. Jika PT Pertamina memiliki sistem yang baik, seharusnya tidak membutuhkan waktu hingga 7 jam untuk menemukan adanya keanehan pada mesin dan tidak perlu sampai terbakar. Hasil temuan tersebut juga membuat PT Pertamina wajib melakukan perbaikan pada sistemnya.

Tumpahnya Minyak Di Teluk Balikpapan

Setidaknya akibat kejadian tersebut telah memakan 5 korban, jadi ada kemungkinan PT Pertamina mendapatkan sanksi tambahan. Akibat kelalaian PT Pertamina tersebut, PT Pertamina juga diwajibkan memulihkan kembali kondisi lingkungan yang ada di Teluk Balikpapan karena tumpahnya minyak merusak mangrove yang ada dan juga ekosistem laut di sekitar Teluk Balikpapan. Perbaikan awal yang dilakukan PT Pertamina adalah menyiapkan pipa bawah laut yang baru untuk menggantikan pipa yang putus. Pipa yang putus itulah yang menjadi penyebab terjadinya kebocoran minyak di Teluk Balikpapan hingga 40.000 barrel. Pergantian pipa akan segera dilakukan setelah mendapatkan izin dari pihak penyidik.

Sampai saat ini pipa yang terputus masih berada di tempat yang sama dan belum ada pergantian pipa baru, karena memang penyidikan masih berlangsung. Sehingga ketika pipa yang lama diganti dengan pipa baru, maka asal-muasal terjadinya tumpahan minyak ke Teluk Balikpapan tidak dapat diketahui secara pasti. Walaupun PT Pertamina belum melakukan pergantian dengan pipa baru, PT Pertamina telah mengalirkan minyak dari Terminal Crude Lawe Lawe ke Balikpapan dengan menggunakan pipa lainnya yang memiliki diameter sebesar 16 inci. Diharapkan dengan kejadian ini tidak membuat masyarakat pemain kekurangan minyak ataupun bahan-bakar dan pencemaran minyak dapat segera teratasi sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Menurut PT Pertamina, pipa yang terputus tersebut menggunakan pipa yang kuat dengan bahan carbon steel pipe API 5L grade X42 yang memiliki ketebalan 12,7 mm. Kekuatan pipa terhadap tekanan juga telah diukur dari safe maximum allowable operating pressure dengan nilai sebesar 1061,42 Psig. Dari pengukuran didapatkan operating pressure pipa hanya sebesar 170,67 Psig. Dengan begitu belum diketahui faktor-faktor yang menjadi penyebab terputusnya pipa. Selain itu pipa tersebut juga selalu diinspeksi secara berkala dengan inspeksi terakhir pada tanggal 10 Desember 2017 (visual inspection) untuk mengecek cathodic protection, kondisi eksternal pipa dan juga spot thickness.

Pernikahan Dini Pasangan Pelajar SMP Di Sulawesi Selatan
Info News

Pernikahan Dini Pasangan Pelajar SMP Di Sulawesi Selatan

Beberapa hari belakangan, terjadi berita yang menggegerkan terkait adanya sepasang anak SMP yang ingin menikah karena takut tidur sendirian di dalam rumah karena ayahnya bekerja di luar kota dan ibunya telah meninggal dunia satu tahun yang lalu. Sepasang kekasih ini berasal dari Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Ketika keduanya mengajukan pernikahan di KUA (Kantor Urusan Agama) setempat, KUA menolaknya. Akan tetapi keinginan untuk menikah tetaplah tidak padam, akhirnya keduanya mengajukan dispensasi kepada Pengadilan Agama agar diperbolehkan untuk menikah. Karena mendapatkan dispensasi dari Pengadilan, maka pasangan ini sudah dapat melakukan pernikahan secara resmi.

Calon pengantin wanita merupakan anak yang berprestasi, keinginannya untuk menikah murni karena keinginannya sendiri, tidak dijodohkan dan juga tidak karena hamil. Namun karena keduanya masih berada di bawah umur dan dianggap berada dalam usia dini, maka KUA setempat memberikan Bimwin (Bimbingan Perkawinan) pada hari kamis tanggal 12 April 2018. Menurut peraturan yang berlaku di Indonesia, pernikahan di bawah umur tidak diperbolehkan. Akan tetapi ketika ada surat dispensasi dari Pengadilan Agama, maka pernikahan dapat dilangsungkan.

Nikah Muda

Calon pengantin pria berumur 15 tahun 10 bulan dan calon pengantin wanita berumur 14 tahun 9 bulan ketika keduanya mengajukan pernikahan ke KUA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa keduanya tetap harus mendapatkan pendidikan karena tidak ada peraturan yang melarang bahwa pelajar yang sudah menikah tidak boleh sekolah. Pernikahan dini memang bukan ranah Kemendikbud, namun Muhadjir Effendy menegaskan bahwa pernikahan bukan halangan bagi seseorang untuk melanjutkan pendidikan. Karena pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan menjadi bekal masa depan.

Dari Kementerian Sosial sangat menyayangkan terjadinya pernikahan dini tersebut karena seharusnya, menurut perundang-undangan tentang perlindungan anak menyebutkan bahwa usia minimal seorang anak dapat menikah adalah 18 tahun. Usia di bawah 18 tahun merupakan usia dimana anak seharusnya bersekolah, bermain dan mendapatkan banyak perhatian dari orang tuanya. Jika alasan untuk menikah karena takut tidur sendiri, sebaiknya ketika malam ada kerabat yang menemaninya.