Lowongan CPNS Kembali Dibuka Mencapai Lebih Dari 254 Ribu Lowongan CPNS

Bagi para pelamar pekerjaan yang menginginkan menjadi pegawai negeri sipil patut bergembira karena adanya kabar baik yang datang dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebab lowongan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka pada tahun 2019 ini. Hal ini sebagaimana disampaikan pada laman resmi BKN pada akun twitternya bahwa Badan Kepegawaian Negara(BKN) mengumumkan jumlah lowongan CPNS yang disediakan pada tahun 2019 mencapai 254.173 lowongan CPNS. Meskipun telah mengumumkan jumlah lowongan yang tersedia, BKN masih belum mengumumkan secara resmi mengenai waktu pembukaan lowongan, syarat dan ketentuan, serta lowongan apa saja yang tersedia. sejalan dengan penyampaian alokasi lowongan CPNS, pihak BKN memberikan daftar pembaharuan lowongan CPNS yang ada di pusat serta daerah. Untuk jatah yang dibutuhkan bagi pemerintah pusat adalah sebanyak 46.425 lowongan.

– Alokasi Lowongan CPNS

Untuk PNS di tingkat pemerintah pusat rinciannya adalah sebanyak 23.213, bagi pelamar umum sebanyak 17.510 dan dari sekolah ikatan dinas sebanyak 5.696 lowongan. Selain hal tersebut, pemerintah juga membuka lowongan pekerjaan sebanyak 23.212 lowongan bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK. Untuk jumlah lowongan CPNS di tingkat daerah adalah sebanyak 62.324 untuk PNS dan 145.424 untuk lowongan PPPK. Pembukaan lowongan CPNS pada tahun 2019 ini telah sesuai dengan keputusan Menteri PANRB Nomor 12 Tahun 2019 mengenai Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara Secara Nasional 2019.

– Akuntabilitas dan Transparansi Seleksi CPNS

Melihat dari rekrutmen pemerintah terkait dengan lowongan CPNS 2019, banyak pihak yang menilai bahwa seleksi CPNS tidak transparan. Menanggapi hal tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjelaskan bahwa proses seleksi perekrutan Aparatur Sipil Negara di era pemerintahan yang ia jalankan telah berjalan sesuai aturan yang berlaku, transparan serta akuntabel. Hal ini juga turut disampaikan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) pada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (PANRB) Setyawan Wangsa Atmaja bahwa telah hilang celah bagi pihak-pihak yang gemar bermain curang dalam hal ini adalah calo proses seleksi CPNS. Terkait dengan hal tersebut, pihak PANRB menyatakan keamanan soal seleksi CPNS terjamin dengan sistem keamanan berlapis.

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
RSS
Follow by Email
Instagram