Kabar Terbaru Jebolnya Tanggul Pasarjati

Musim hujan masih menjadi bencana di beberapa wilayah, seperti yang terjadi di wilayah Bandung Timur tepatnya berada di wilayah Gedebage. Tanggul Pasarjati jebol dan membuat banjir disejumlah titik. Seperti yang dijelaskan oleh Koordinator Humas SAR bandung Joshua Banjarnahor mengatakan bahwa dampak dari jebolnya tanggul mengakibatkan sebagian wilayah di Bandung Timur kebanjiran, khususnya yang berada di wilayah Gedebage sudah mencapai selutut orang dewasa. Saat ini tim SAR masih menyisir wilayah yang terdampak banjir seperti jl Rumah Sakit kecamatan Cinambo, jl. ojong Awi Kidul kecamatan Arcamanik, dan jl. Pasirjati Timur kecamatan Cilengkrang. Arus dibeberapa lokasi cukup deras dan suasana tersebut masih hujan deras dan minim adanya penerangan. Awalnya sebanyak 6 rumah ambruk, satu meninggal dunia dan dua orang menghilang. 6 rumah yang ambruk berada di Pasirjati Ujungberung, bandung. Rumah tersebut hancur karena terseret air saat tanggul jebol pada sabtu, 9 Februari 2019.

Saat ini tim SAR masih berada di lokasi kejadian dan membantu evakuasi orang-orang, dibantu juga oleh pihak kepolisian dan Dinas Pemadam kebakaran kota Bandung. Di sekitar rumah yang hancur arus sangat deras sehingga tim SAR harus berhati-hati. Untuk kondis jalan terkini yang ada di wilayah Gedebage mengalami macet. Pengguna jalan dihimbau agar menghindari wilayah Cinambo, Arcaminik, dan ujung Berung. Banjir yang di alami di Bandung ini akibat jebolnya tanggul pasirjati, hingga saat ini Tim SAR tetap berada di lokasi kejadian. Bupati Bandung Dadang M Naser datang kelokasi bencana banjir, beliau datang pada pukul 11.00 WIB didampingi oleh kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan dan juga kepala BPBD kabupetan Bandung Akhmad Djohara. Bupati mengatakan bahwa kabupaten Bandung dinyatakan sebagai daerah bencana nomor 12 di Indonesia, untuk bencana yang sering terjadi adalah longsor, banjir dan putting beliung. Beliau juga mengatakan bahwa air yang masuk kerumah warga adalah air dari Cipanjalu, benteng jebol sehingga beberapa rumah rusak. Sekarang ini jumlah rumah yang rusak semakin bertambah menjadi 12 rumah. Menelan korban 3 orang yang meninggal dunia, satu orang terluka berat dan dua orang lainnya mengalami luka ringan. Saat ini sedang dirawat di Rumah sakit Santosa. Bupati memperingatkan warga agar tetap berhati-hati dengan kejadian bencana alam, dan untuk kejadian jebolnya tanggul hal ini sulit diprediksi. Dan tidak lupa juga bupati berterimakasih kepada tim gabungan yang telah melakukan evakuasi warga dan membantu agar alliran air kembali lagi ketempat semula.

Hingga saat ini warga diharapkan tetap berhati-hati, banyak juga warga yang masih mengungsi, khususnya mereka yang terkena dampak kerusakan pada rumah mereka. Bencana seperti tidak hanya rawan terjadi di daerah Bandung saja, namun bisa saja terjadi di daerah rawan bencana lainnya.

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
RSS
Follow by Email
Instagram