Indonesia Berkabung, Duka Mendalam Atas Kepergian Ibu Negara ke-6 Republik Indonesia

Indonesia berkabung menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri pada Sabtu, 1 Juni 2019. Pasalnya, istri dari presiden Republik Indonesia yang ke 6 Susilo Bambang Yudhoyoni yang bernama Ani Yudhoyono meninggal setelah menjalani perawatan medis dalam kurun waktu yang cukup lama di salah satu rumah sakit ternama di negara Singapura yakni National University Hospital Singapura. Almarhumah Ani Yudhoyono meninggal pada pukyl 11.50 waktu setempat. Almarhumah Ani Yudhoyono meninggal disebabkan oleh penyakit kanker darah yang telah lama dideritanya. Almarhumah Ani Yudhoyono telah menjalani perawatan sebelum pesta demokrasi di Indonesia dimulai yakni tepatnya pada 2 Februari 2019. Selama dalam masa perawatan , almarhumah Ani yudhoyono senantiasa didampingi oleh orang -orang terkasihnya yakni suami yang sangat mencintainya Susilo Bambang Yudhoyono, kedua anak laki-lakinya Edhy Baskoro Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono serta para menantu yang juga sangat mengasihinya baik Anisa Pohan maupaun putri dari politikus Hatta Rajasa. Mereka silih berganti dengan setia dan penuh kasih sayang menjaga almarhumah dalam proses pengobatan penyakit yang dideritanya.

– Tindakan Medis Sebelum Wafat

Almarhumah ibu Ani Yudhoyono telah menjalani beberapa tindakan medis, salah satunya adalah dengan menjalani operasi transplantasi sumsum tulang belakang yang diberikan dengan sukarela oleh adiknya Pramono Edhi Wibowo. Namun adanya operasi tersebut belum mampu memberikan dampak akan sembuhnya almarhumah ibu Ani Yudhoyono. Bahkan yang mengejutkan adalah beliau justru harus mendapatkan perawatan intensif pasca operasi di ruang ICU. Ibu Ani Yudhoyono akhirnya meninggal dunia pada sabtu 1 juni 2019 setelah kurang lebih menjalani perawatan selama 4 bulan melawan penyakit kanker darah atau yang lebih terkenal dengan istilah Leukimia.

– Duka Mendalam Keluarga dan Masyarakat Indonesia

Indonesia Berkabung, Duka Mendalam Atas Kepergian Ibu Negara ke-6 Republik Indonesia

Kepergian Almarhumah Ani Yudhoyono kembali pada sang pencipta memberikan duka yang mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama bagi pihak keluarga besar Cikeas. Hal ini dapat terlihat dari suasana kesedihan yang menutupi keluarga presiden Indonesia yang ke 6 tersebut. Edhy Baskoro Yudhoyono mengungkapkan kesedihan akan kepergian ibunda tercintanya melalui kenangan sebelum beliau meninggal. Ia teringat akan keinginan ibundanya bahwa beliau ingin kembali ke negara yang sangat ia cintai. Namun Edhy tak menyangka bahwa kembalinya sang ibunda ke tanah air adalah untuk dimakamkan. Sungguh hal yang sangat tidak pernah disangka bahwa hal tersebut adalah sebuah firasat almarhumah Ani Yudhoyono untuk pergi selama lamanya.

Almarhumah ibu Ani Yudhoyono berpulang ke Rahmatulloh pada usianya yang ke 67 tahun. Jenazah Almarhumah ibu Ani Yudhoyono dikebumikan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada minggu 2 Juni 2019 dengan upacara militer. Pada upacara pemakaman almarhumah ibu Ani Yudhoyono banyak dihadiri oleh para pejabat negara dan juga presiden Jokowi. Doa senantiasa tercurah mengantarkan kepergian beliau menghadap Sang Pencipta.



Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
RSS
Follow by Email
Instagram