Akhirnya Harga BBM Turun

Kabar gembira bagi warga Negara Indonesia bahwa pada tanggal 10 Februari 2019 harga BBM turun. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan formula baru untuk harga eceren BBM, dengan adanya formula tersebut maka harga BBM akan diturunkan. Banyak orang yang bertanya-tanya kenapa formula baru tersebut turun di tahun politik, tahun pemilihan presiden yang akan terjadi ditahun 2019. Namun Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM yaitu Djoko Siswanto mengatakan bahwa formula ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan tahun politik. Dan info tebaru mengatakan bahwa memang harga minyak dunia sebelumnya mengalami kenaikan hingga menyentuh US$ 106 perbarel, namun sekarang mengalami penurunan terus menerus. Karena kurs yang sering berubah-ubah maka pemerintah masih bisa menurunkan harga BBM, jika kurs turun secara tetap bisa saja pemerintah menurunkan harga BBM hingga setengah harga aslinya. Dengan adanya formula terbaru yang digunakan maka diharapkan tidak ada pihak yang mengambil keuntungan semaunya sendiri.

Hingga akhirnya sejal 10 Februari 2019 pukul 00.00 waktu Indonesia setempat pihak PT Pertamina menurunkan harga bahan bakar. Untuk harga pertamax turun namun untuk harga Pertalite tetap. Dan sudah dijelaskan di atas bahwa turunnya harga BBM disebabkan oleh menurunnya harga minyak bumi mentah dan nilai tukar rupiah yang tinggi, rupiah semakin kuat terhadap dollar AS. Untuk besaran penurunan BBM bervariasi, untuk info lebih lanjutnya anda bisa melihat daftar nfo berikut ini :
• Pertamax Turbo yang awalnya harga Rp 12,000 per liter sekarang menjadi Rp 11.200 perliter.
• Pertamax biasa yang awalnya harga Rp 10.200 menjadi Rp 9.850 per liter
• Dexlite yang awalnya harga Rp 10.300 menjadi Rp 10.200 per liter
• Dex yang awalnya harga Rp 11.750 menjadi Rp 11.700 per liter
• dan untuk pertalite harga masih tetap yaitu Rp 7.650 per liter.

Akhirnya Harga BBM Turun

Pihak pertamina juga melakukan penyelerasan harga BBM atau premium disejumlah wilayah yang ada di Indonesia, Seperti wilayah Bali dan Madura harga premium sebesar Rp 6.450 per liter sehingga harga tersebut sama dengan harga premium yan ada di luar Jawa, Madura dan juga Bali. Dan sebelumnya harga dibeberapa tempat berbeda hal ini disebabkan oleh adanya pemberlakuan pajak Bahan bakar kendaraan bermotor atau yang dikenal dengan nama PBBKB yang berasa di setiap wilayah. Dengan adanya penurunan harga maka diharapkan bahwa ekonomi yang ada di Indonesia berkembang dan maju pesat. Adapun penurunan harga BBM tidak ada sangkut pautnya tentang tahun politik ini, maka diharapkan bahwa tahun politik ini terjaga dari segala hal yang tidak diinginkan, berpolitik dengan baik dan sehat.

Leave a Reply

RSS
Follow by Email
Instagram