Reshuffle Kabiet Kerja Presiden Joko Widodo

Reshuffle kabinet merupakan salah satu hak prerogative yang diberikan oleh Presiden selaku Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Akhir-akhir ini Presiden Jokowi mereshuffle beberapa menteri dalam kabinetnya untuk kesekian kali selama Presiden Jokowi diamanahkan untuk memimpin negara Indonesia. pada hari rabu tanggal 17 Januari 2018 Presiden Joko Widodo telah melantik 4 menteri barunya untuk menduduki jabatan sebagai menteri.

Keempat menteri yang dilantik dan menggantikan posisi menteri sebelumnya adalah Idrus Marham yang mana beliau diangkat sebagai menteri sosial yang menggantikan Khofifah Indar Parawansa. Khofifah mundur dari jabatannya sebagai menteri sosial dikarenakan ia saat ini sedang maju sebagai calon dalam pertarungan pilkada Gubernur di Jawa Timur. Sebagai menteri sosial yang baru Idrus harus menyelesaikan berbagai permasalahan dalam biang sosial seperti bantuan pangan sampai dengan kekerasan sosial terutama anak-anaka yang sangat meningkat. Selain itu menteri yang dilantik untuk menggantkan menteri sebelumnya adalah Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko. Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko diangkat sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) dan menggantikan Teten Musdaki. Moeldoko merupakan salah atu lulusan akabri 1981 yang banyak sekali memiliki penghargaan dan beberapa tanda jasa lainnya.

Selain yang sudah dijelaskan di http://multipoker88.com ada pula nama Jeneral TNI Purnawirawan Agum Gumelar yang diangkat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Agum Gumelar dahulunya juga sempat menduduki posisi sebagai menteri Perhubungan pada cabinet Gotong Royong. Dan yang terakhir adalah Marsekal Madya Yuyu Sutisna. Yang diangkat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) yang mana menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto karena sebelumnya beliau telah diangkat menjadi Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia). Yuyu Sutisna merupakan salah satu angkatan militer yang memiliki karir militer yang sangat tinggi. Ia pernah menjadi pilot pesawat tempur F 5 Tiger dan pernah menjadi komando pertahanan Udara Nasional Indonesia, dan masih banyak lagi karir yang dilakukannya.

Reshuffle tersebut tentunya juga bertujuan untuk memperbaiki cabinet kerja Presiden di akhir-akhir kepemimpinanya. Semoga beliau berempat yang telah dilatik oleh Presiden Joko Widodo bisa amanah dalam menjalankan tugas sehingga dapat menjadikan bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan lebih baik lagi.

Leave a Reply